by

Rusia dan China Gelar Latihan Militer Dekat Korut, Ada Apa?

DIP4NEWS.COM, Vladivostok – Rusia dan China menggelar latihan gabungan dekat dengan Korea Utara.

Latihan itu berlangsung pada pekan yang sama ketika Presiden Amerika Serikat Donal

d Trump mengumbar keinginannya untuk menghancurkan Korut saat berpidato di Sidang Majelis Umum PBB di New York.

Latihan militer itu dilaksanakan di Vladivostok, Rusia –sekitar 160 km dari Korea Utara– yang dimulai pada 18 September 2017 dan berlangsung selama delapan hari. Demikian seperti dilansir Los Angeles Times, Jumat (21/9/2017).

 Komposisi peserta yang ambil bagian dalam latihan tersebut adalah angkatan darat dan laut dari kedua negara. Serdadu akan melaksanakan latihan tempur di Vladivostok. Sementara armada laut akan melakukan simulasi peperangan maritim di lepas pantai kota yang terletak di Timur Jauh Rusia tersebut.

Meski latihan antara Rusia dan China merupakan sebuah kegiatan tahunan rutin, pemilihan waktu penyelenggaraan edisi tahun ini dinilai mengandung pesan politik yang signifikan, ujar LA Times. Sebab, simulasi tempur itu berlangsung pada pekan yang sama saat Sidang Majelis Umum PBB di New York tengah terlaksana.

Sidang Majelis Umum PBB menjadi ajang pertemuan dan dialog tahunan para pemimpin eksekutif dunia setingkat presiden (atau yang ekuivalen) untuk membahas sejumlah isu internasional yang signifikan. Termasuk salah satunya, isu rudal dan hulu ledak nuklir Korea Utara.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed